Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Tabulampot - Sebelumnya, apakah anda pernah mendengar kata “tabulampot”? Bagi sebagian orang, kata ini memang masih cukup asing. Bahkan, saya sendiri baru mengetahuinya beberapa minggu yang lalu.

Apa Itu Tabulampot?

Tabulampot adalah sebuah akronim (singkatan) dari tanaman buah dalam pot. Dari kepanjangannya saja dapat kita ketahui, bahwa tabulampot adalah terknik bercocok tanam tanaman buah yang dilakukan di dalam pot.

tabulampot

Dalam fungsinya, tabulampot sangat membantu sekali orang yang ingin menanam pohon buah namun tidak memiliki lahan yang luas. Disamping itu, teknik tabulampot juga menjadi pemecah kebuntuan dimana orang-orang cenderung bosan merawat tanaman hias yang pada pelaksanaanya hanya berujung pada pembentukan bunga atau pembentukan fisik tanaman saja.

Tabulampot menawarkan tantangan baru bagi pecinta tanaman, dimana tanaman buah yang seharusnya ditanam di lahan luas justru ditanam di pot. Hal ini tentunya membutuhkan teknik tersendiri. Belum lagi masalah pembuahan, media yang efisien, dan perawatan sehari-harinya.

Apa Kelebihan Tabulampot?

Beberapa kelebihan tabulampot dibanding menanam tanaman di tanah secara langsung adalah sebagai berikut.
  1. Tabulampot mampu memanfaatkan halaman atau lahan yang sempit.
  2. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak akan merusak bangunan yang ada di sekitarnya.
  3. Kebutuhan unsur hara, mineral, dan air dapat dipenuhi secara optimal dan efisien.
  4. Meminimalkan penggunaan pupuk karena pemberiannya disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat dimanfaatkan seluruh tanaman.
  5. Sistem drainase leih mudah diterapkan, sehingga idak terjadi kelebihan air.
  6. Mudah dalam perawatannya, terutama dalam penganggulangan hama dan penyakit sehingga akan menghasilkan tanaman yang sehat.
  7. Lebih mudah dipindahkan, tanpa resiko tanaman mengalami kematian.
  8. Dapat dinikmati keindahannya karena tabulampot hanya berukuran 1-2 meter saja. Sehingga tajuknya lebih kompak.
  9. Jika berbuah dapat dijadikan sumber gizi dan vitamin bagi keluarga.
  10. Buah dapat dijual dan dijadikan sebagai sumber keuangan.
  11. Mudah dalam pengaturan masa berbunga dan berbuahnya, sehingga akan berproduksi sepanjang tahun.

Apa Kelemahan Tabulampot?

Setelah berbicara mengenai kelebihan tabulampot, tak lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan kekurangannya juga. Salah satu kekurangan tabulampot adalah bahwa tidak semua tanaman buah dapat dibuahkan di dalam pot. Misalnya durian, meskipun durian dapat berbuah namun pada akhirnya buah akan rontok.

Tabulampot juga tidak dapat berbuah secara maksimal layakanya pohon yang ditanam di tanah secara langsung. Misalnya saja tabulampot belimbing yang hanya dapat memberikan beberapa buah saja dalam setiap masa buahnya. Berbeda jika kita tanam belimbing di tanah secara langsung, buahnya dapat menutupi hampir seluruh bagian tanaman.

Silahkan masukkan komentar Anda disini
EmoticonEmoticon